Tujuan dan Manfaat Wakaf dalam Islam - Many Articles

Tujuan dan Manfaat Wakaf dalam Islam



Wakaf dalam Islam merupakan amal ibadah yang berkaitan dengan kedermawanan yang memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat sehingga yang memberi dijanjikan pahala yang tidak terputus.

Bagi seorang muslim, wakaf merupakan bentuk realisasi ibadah pada Allah SWT melalui benda yang dimilikinya untuk kepentingan umum. Wakaf berbeda dengan filantropi islam yang lain, seperti zakat, infak, dan sedekah. Harta yang diwakafkan harus tetap utuh dan tidak boleh dipergunakan. Hanya hasil investasinya saja yang boleh dipergunakan untuk kesejahteraan umum. Harta wakaf juga harus dikelola oleh nazhir sebelum dimanfaatkan untuk kepentingan banyak orang.

Tujuan dan Manfaat Wakaf


Ibadah yang satu ini tentu saja memiliki manfaat dan tujuan yang sangat banyak. Secara umum, tujuan berwakaf yaitu memberikan sebagian atau seluruh harta benda pada golongan tertentu yang sudah ditunjuk untuk kepentingan umum. Lebih detail, berikut manfaat wakaf yang harus kamu tahu.

  1. Meskipun wakif sudah meninggal dunia, amalan wakaf ini tidak akan terputus, sehingga bisa membuat manusia selamat di dunia dan akhirat.
  2. Menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi, di mana melatih jiwa sosial sehingga ketika memiliki harta benda yang banyak bisa diberikan pada kaum yang lebih membutuhkan.
  3. Manusia pasti menginginkan kehidupan yang selamat di akhirat. Salah satu caranya bisa dengan memberikan wakaf selagi masih hidup. Sebab wakaf ini menjadi bekal mendapatkan kehidupan yang lebih baik di akhirat.
  4. Membantu orang lain yang sedang mengalami kesusahan. Ini akan sangat membantu mengurangi beban mereka yang mendapat masalah. Misalnya orang yang tidak punya tempat tinggal bisa terbantu dengan adanya manfaat harta wakaf yang diberikan padanya.
  5. Menyadarkan manusia bahwa harta benda yang dimiliki sifatnya tidak kekal. Harta yang dimiliki haruslah dibagi dengan orang lain atau setidaknya ada hak orang lain dalam harta yang kita dapatkan.
  6. Mempererat tali persaudaraan dengan berwakaf. Kesenjangan sosial antara orang kaya dan yang kurang mampu masih jadi persoalan di tengah masyarakat. Sehingga harta wakaf yang diberikan oleh orang kaya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat kurang mampu. Ini akan membuat hubungan masyarakat lebih harmonis.
  7. Wakaf mendorong pembangunan di semua Bidang Ilmu. Dengan adanya harta wakaf, pembangunan di semua bidang bisa ditingkatkan sesuai dengan tujuan wakafnya.
  8. Adanya wakaf juga membuat masyarakat mendapatkan sarana dan kehidupan yang lebih baik. Fasilitas umum yang dimanfaatkan oleh masyarakat banyak bisa didirikan dengan menggunakan harta wakaf.
  9. Wakaf dapat mengurangi perselisihan dalam masyarakat. Masalah kesenjangan sosial berupa perasaan iri dan dengki dengan harta milik orang lain sering terjadi di tengah masyarakat. Dengan adanya harta wakaf dari si Kaya, tentu bisa membuat masyarakat hidup rukun dan kehidupan juga terjalin dengan lebih seimbang.
  10. Mengelola wakaf dalam Islam harus sesuai dengan manfaat yang sudah disepakati sebelumnya dapat membantu masyarakat yang sedang mengalami kesusahan. Setidaknya, hasil harta wakaf dapat membantu orang lain keluar dari masalah yang dihadapinya.

0 Response to "Tujuan dan Manfaat Wakaf dalam Islam"

Post a Comment